Bukan Muslim Edition Distro

Manux memang bukan merupakan distro Muslim Edition. Namun demikian Manux dilengkapi dengan

aplikasi-aplikasi islami seperti Minbar dan Othmad Qur'an Browser. Mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.
Minbar merupakan software pengingat waktu sholat. Di Manux 1.3 ini Minbar di seting untuk wilayah Jakarta/Soekarno Hatta. Jika Anda di wilayah lain anda dapat menyeting sesuai lokasi di mana Anda berada.
Berikut adalah screenshot Minbar.


Sedangkan Otman Quran Browser adalah aplikasi Al-Qur'an 30 juz namun tidak dilengkapi dengan terjemah.
Di bawah ini adalah screenshotnya.


Selain itu di Manux 1.3 ini menggunakan LibreOffice 3.4.3 yang sudah dilengkapi dengan QiOO (Quran in OpenOffice). Merupakan sebuah extension untuk menyisipkan ayat Al-Qur'an 30 Juz lengkap dengan terjemahan Bahasa Indonesia ke dalam LibreOffice. Sehingga Manux sangat cocok untuk guru agama ataupun pondok pesantren dan juga kantor-kantor Agama seperti KEMENAG (Kementerian Agama) dan jajarannya.

Bukan hanya itu, LibreOffice di Manux 1.3 juga dilengkapi dengan logo KEMENAG dan beberapa contoh
lembaga/organisasi dan sekolah atau perguruan tinggi islam serta sedikit kaligrafi seperti basmalah dan salam yang semuanya ada di menu galeri. Dan contohnya seperti di bawah ini.


Sebagai kemudahan lain di Manux adalah sudah disetingnya keyboard layout Arabic. Jadi Anda dapat dengan mudah menulis arab (misal hadist) hanya tinggal mengaktifkan icon layout keyboard yang ada di panel bawah bagian kanan seperti gambar di bawah ini.

Klik icon US dan pilihlah Arabic.
Disarankan Anda untuk menggunakan keyboard Arabic. Bagi Anda yang tidak memiliki keyboard arabic anda bisa melihat susunan keyboard Arabic dengan melakukan klik pada Show Current Layout seperti screenshot di bawah ini.


Anda juga bisa mengetik dengan menggunakan virtual keyboard. Untuk mengaktifkan virtual keyboard
caranya adalah dengan menekan alt+f2 kemudian ketik onboard lalu enter. Seperti screenshot berikut.


Dan di bawah ini adal virtual keyboard arabic.


Itulah beberapa kemudahan yang ditawarkan Manux 1.3 khususnya bagi Anda umat Muslim sehingga dengan demikian Manux sangat cocok untuk Anda yang beragama Islam. Namun demikian Manux bukanlah distro islami sehingga Manux cocok untuk kita semua. Bagaimana tertarik menggunakan Manux 1.3. Silahkan pesan/download. :)

2 komentar:

{ ipunk_quraw } at: 23 Januari 2012 19.14 mengatakan...

keren,,,
semoga semua sadar ,,
lo ada yg halal dan murah,,

{ Mas Nur } at: 14 Juni 2012 16.12 mengatakan...

Mas mas yang ganteng, luar biasa ya, ajarin dong cara buat distro keren, bagaimana ngoprek booting screen, mengganti flashnya dll, boleh kan? Ditunggu versi 2.0 nya.

Posting Komentar