Menulis formula yang dianggap Bug di LibreOffice

Sahabat pengguna linux... selama ini Tim Pengembang Manux banyak mendapat pertanyaan dari banyak pengguna Manux khususnya mereka yang bekerja dalam pengetikan menggunakan LibreOffice terutama dalam penulisan formula. Mereka mengatakan ada beberapa "bug" saat penulisan formula yaitu untuk penulisan karakter "sigma". Agar lebih jelasnya seperti contoh di bawah ini:


Misal kita mau membuat formula 



Namun saat kita menuliskan formula dengan mengklik formula yang diinginkan ternyata lambang "sigma" berubah menjadi tanda tanya terbalik (¿) dan susunannya pun tidak seperti yang diharapkan seperti gambar di bawah ini, sehingga "gagal" membuat formula seperti yang diinginkan.





Ini merupakan problem besar walaupun cuma satu karakter tapi ini sangat berarti bagi mereka yang biasa bekerja dengan pekerjaan seperti ini, akhirnya dengan amat terpaksa mereka menggunakan Microsoft Office untuk menyelesaikan pekerjaan ini. :)

Sedih rasanya mendengar seperti ini, tim Manux sudah tanya kesana kemari, ke forum-forum linux, googling namun hasilnya nihil. Hingga suatu saat akhirnya terkuaklah misteri ini. 

Berikut ini cara untuk mengatasinya (ternyata sangat mudah)...he...he... Yaitu hanya dengan menuliskan kata "sum" (tanpa tanda petik) pada kotak penulisan formula yaitu sebelum kata "from".
Perhatikan gambar berikut:



Bagaimana sahabat, sudah paham kan?? So.... jangan gunakan lagi Microsoft Office (bajakan)

2 komentar:

{ ibnu hasan } at: 17 Agustus 2012 06.19 mengatakan...

kapan nih gan manux 2.0 rilis dah penasaran...

{ dino anderson } at: 4 Desember 2012 02.56 mengatakan...

kalo saya sering pake Libre, klik icon ΣX setelah muncul tulisan Sum kemudian klik icon upper and lower limit, sehingga menghasilkan penulisan rumus seperti yang di Posting ini, lanjutGan dan TingkatGan

Posting Komentar