Rilis Final Manux 2.0


Alhamdulillah setelah sempat tertunda beberapa bulan akhirnya pada hari ini tanggal 10-11 kebetulan bertepatan dengan hari Pahlawan, Manux 2.0 dengan kode nama "Nusantara" sampai pada rilis final.

Manux 2.0 hanyalah distro remasteran sederhana dari Ubuntu 11.10.

Bagi Anda yang ingin mendapatkannya Manux 2.0 selain dengan cara mengunduh Anda juga bisa dengan cara memasannya.

Berikut beberapa gambaran ringkas Manux 2.0.


Manux 2.0 "Nusantara" menggunakan kernel 3.0.0-17 dan gnome 3.2.1.



Beberapa Wallpaper yang ada Manux 2.0, selain itu masih mempertahankan wallpaper berganti dengan waktu. 



Manux 2.0 tetap menggunakan compiz yang siap pake yang merupakan ciri khas dari Manux serta tidak ketinggalan cairodock 3.0.



Dilengkapi dengan Emerald Window Decorator


Menggunakan Firefox terbaru 16.0.2



Menghilangkan USC bawaan ubuntu dan menggantinya dengan Manux Software Center (MSC) turunan dari Ubuntu Remixed Software Center (URSC)  Rahmat Kafabih  yang lebih powerfull, cepat dalam pemasangan suatu aplikasi.



Menyertakan Tutorial Manux 2.0/Manux Help. Yang bisa dijalankan dari icon help yang ada pada panel atau lewat Menu-->Accessories-->Tutorial Manux ataupun hanya dengan menekan tombol fungsi F1.



Mengganti Othman Qur'an Browser dengan Zekr yang sudah dilengkapi dengan suara (reciter) sertaterjemahan Bahasa Indonesia.




Selain Openshot Video Editor sebagai editor video, mencoba memperkenalkan Cinelerra sebagai alternatif untuk editor Video.



Agar user tidak bosan maka Manux menyediakan lumayan banyak permainan selain itu juga aplikasi edukasi.



Untuk kebutuhan programing juga sudah disediakan gambas 3.1.1




Masih tetap mempertahankan hampir semua aplikasi sebelumnya, termasuk untuk pemutar audio menggunakan audacious dengan theme manuxkin serta clementine yang terintegrasi dengan volume applet.




Dan agar lengkap sesuai slogannya SATU UNTUK SEMUA, mulai rilis 2.0 akan memperkenalkan aplikasi POS (Point of Sale) yaitu Openbravo POS 2.30.2.



Yang tidak ketinggalan adalah aplikasi gBilling 0.3.2



dan berbagai jenis aplikasi untuk kebutuhan kita sehari-hari yang tidak dijelaskan secara detail di sini.
Demikian sedikit gambaran mengenai Manux 2.0 "Nusantara". Untuk lebih mengetahui secara detail Manux 2.0 kita bisa mengunduh Tutorial Manux 2.0. 

Untuk mengunduhnya silahkan klik Unduh/Pesan

12 komentar:

{ Tluko Segitiga Berbahagia } at: 10 November 2012 17.14 mengatakan...

alhamudulillah terimakasih atas rilis yang sudah diupayakan. semoga ke depannya lebih terjadwal lagi kapan akan rilisnya. semoga para manuxer slalau diberi kekuatan untuk beramal baik ini. saya sebagai staf it di pesantren islam al-irsyad sangat senang dg manux ini bahkan setiap ada yang mau diinstal untuk pribadi sy sarankan untuk memakai munux 1.3 dulu kalau sekarang 2, tapi maaf sebelumnya jika memungkinkan saya minta ulr untuk download yang langsung 2.0 gb bisa dialamtkan ke ishaya3@gmail.com. terimakasih banyak semoga sekses selalu


sebelumnya saya minta maaf dan ucapan terimakasih kepada para agan yang sudah mengelola manux 2.0, kebetulan hari setiap hari senin saya ada siapan radio di PT. Radio Dai satu tempat dengan Pesantren Islam Al-Irsyad http://pesantrenalirsyad.org/ dan ada rencana untuk hari senin besok tanggal 12 Nov 2012 saya akan menyampaikan tentang manux jika admin manux 2.0 tidak keberatan saya ini rencana untuk berdakwah sekaligus untuk penyebaran Munux, kami berharap mendapat DVD manux 2.0. sekedar info bahwa ditempat kami sudah ada 150 pc yang sudah 80% linux, kami terdiri dari jenjang SDITQ Al-Irsyad, MTs. Al-irsyad, dan MA Al-Irsyad serta beberapa kantor administrasi + 3 lab dari masing-masing jenjang. atau jk bs juga url untuk download yang langsung 2 gb. karena url yang disediakan ada 12 part tidak bs di download krn selalu tampil tulisan Invalid or Deleted File. terimakasih atas bantuannya sebelum dan sesudahnya.

{ Iyan Subianto } at: 10 November 2012 21.58 mengatakan...

Bravo ini yang ditunggu-tunggu smoga stabil ....

Untuk manux 1.1 sd 1.3 yang tanpa part alamat url http://pinguin.ittelkom.ac.id/mirror/iso/manux/

{ SDIT Ar-Rahmah } at: 12 November 2012 07.27 mengatakan...

Alhamdulillah, sukses bos. Kok g sekalian upgrade ke 12.04 LTS gan atau sekalian 12.10 aja, wah tambah keren tuh. Tuk Al Irsyad luar biasa, yang lain pada gila windows, antum pakai Linux. Saatnya kebangkitan Islam!

{ Priyess } at: 16 November 2012 14.05 mengatakan...

mungkin untuk tangkapan layar dalam tutorial pada Bab 2, 2.2. Instalasi Manux (halaman 13-14) dimana instalasi Manux mengganti (lebih tepatnya menimpa) partisi yang telah terdapat instalan BlankOn Rote 8 bisa dipertimbangkan untuk diganti agar tidak menyinggung teman2 yang memakai distro tersebut. terima kasih, tetap semangat majukan FOSS di Indonesia

{ manuxlinux } at: 16 November 2012 19.12 mengatakan...

Sblumnya kami mohon maaf pada rekan2 Blankon semua, kami tidak bermaksud menyinggung, hanya kebetulan saja linux yg sebelumnya terinstall adalah Blankon pada waktu ambil screenshot. Untuk rilis/edisi berikutnya mungkin bisa pak, atau upload ulang tutorialnya saja. Tetapi yg sudah include di dalam Manux 2.0 tidak bisa. soalnya sudah rilis final dan beredar. Itu sudah dijadikan Help pada Manux 2.0 dengan memanfaatkan menu Help ataupun menekan tombol F1. Sekali lagi kami mohon maaf... kami tidak mau fanatik distro. Yang penting bagaimana memajukan FOSS di Indonesia...

{ Tluko Segitiga Berbahagia } at: 20 November 2012 00.57 mengatakan...

syukron atas dukungannya untuk SDIT Ar-Rahman. baru saja hari ini ana sebagai staf it di Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran Download Manux 2, langsung ana isokan karena sudah tidak sabar ingin melihat yang baru, namun setelah digunakan dengan live flashdisk ada sedikit masalah ketika kita membuka manux sofwere center kita disuruh menunggu terus dan tidak selesai-selesai. ana pikir mungkin karena itu live, kemudian diinstal permanen pada hari ini juga di Laptop HP430 core i3, juga tidak ada perubahan,padahal waktu menggunakan Manux 1.3 tidak ada masalah malah anak-anak ana yang masih sd sangat suka sekali, demikian juga ada beberapa teman yang sengaja ana instalkan manux 1.3 mereka sangat gembira. mohon dari admin manux untuk melihat ulang. namun jika ana yang salah mohon di beri pencerahan. syukron jazakallahu khairon.

{ manuxlinux } at: 20 November 2012 17.28 mengatakan...

jazakallahu khoiron. Untuk mengatasi permasalahan Manux Software Center yang tidak mau mebuka atau prosesnya lama...., coba jalankan perintah2 berikut:
1) Jalankan sudo apt-get update dari terminal.
Setelah selesai coba buka lagi Manux Software Center. Jika tidak ada perubahan, lakukan langkah ke 2 dan ke 3.
2) Buka Synaptic Package Manager cari Manux Software Center, kemudian Mark for complate removal. Apply. Setelah selesai di remove, keluar dari synaptic masuk ke terminal lagi jalankan perintah: sudo apt-get autoremove dan jalankan lagi perintah sudo apt-get update. Kemudian restart komputer.
3) Saatnya install ulang Manux Software Center kembali. Untuk filenya sudah saya sediakan di folder Exampel. Tinggal double klik saja dan ikuti langkat2nya. Setelah selesai jalankan kembali Manux Software Center. Insya Allah permasalahan teratasi.

{ Tluko Segitiga Berbahagia } at: 20 November 2012 18.09 mengatakan...

syukron atas pencerahannya, dengan cara nomor pertama MSC sudah jalan sebagaimana mestinya, alhamdulillah. jazakallahu khairan

{ lazuardi biru } at: 22 November 2012 00.08 mengatakan...

wah pengenn coba...
ijin download gan

{ kkpismkbu } at: 2 Desember 2012 11.34 mengatakan...

Assalamu'alaikum....

Alhamdulillah ane sdh install manux versi 2.0, tapi ane masih menemui ada beberapa kendala:

1. Manux Software Center (MSC) gak bisa loading alias lola, kalo yang manux versi 1.3 kan gak lola, soalnya ane mo install game angry birds, di versi ini kok dihapus gan?

2. Aplikasi zekr kok gak ada receiter yang offline, gimana caranya menambahkan receiter offline gan?

Mohon pencerahannya, terima kasih.

Wassalamu'alaikum...

{ manuxlinux } at: 2 Desember 2012 18.50 mengatakan...

Untuk USC silahkan dibaca di atas itu ada pertanyaan yg sama dan sudah dijawab. Untuk receiter zekr tidak online, silahkan dipilih. itu kan banyak...

{ Mazia } at: 18 Januari 2013 20.50 mengatakan...

sudah include PlayOnLinux gan, ni lgi cari yg bs untuk main game. sy sdah coba mint versi terbaru jg blom bisa.

Poskan Komentar